Gelar Kreasi Bertakjud Budaya dan Pendidikan Tahun ke 6 PGSD UNIVET

Senin (30 Januari 2023) di Graha Wisata Niaga Surakarta. Dipenghujung akhir bulan pada awal tahun 2023, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara telah menyelenggarakan Gelar Kreasi bertakjub Tema Budaya dan Pendidikan. Gelar Kreasi ini menjadi tahun ke 6 dalam rangka pementasan seni tari dan drama pendidikan mahasiswa semester V dan mahasiswa semester VII.  Gelar kreasi ini diusung oleh dosen-dosen prodi PGSD dan khususnya dari dua dosen pengampu matakuliah, yaitu Pardiyatmoko, M.Pd pengampu mata kuliah semester V dan Dr. Meidawati Suswandari, M.Pd pengampu mata kuliah semester VII.

Jumlah pementasan sendratari dan drama pendidikan ini adalah 9 tim yang berasal dari 9 kelas. Sembilan kelas tersebut terdiri dari 4 kelas dari semester V dan 5 kelas dari semester VII. Masing-masing tim/kelas membawakan penampilan dengan epik dan menakjubkan dengan judul Babaring Tresno Jati dari kelas VA, Swaraning Isi Ati dari kelas VB, Bawang Merah lan Bawang Putih dari kelas VC, dan Joko Tarub dari kelas VD. Sementara itu, Kelas VII A menampilkan judul Secercah Harapan, kelas VII B dengan kisahnya tentang Guru Honorer, Kelas VII C dengan kisah tentang Ayah, kelas VII D bertema tentang Pulang, serta kelas VII E  dengan tema Ketulusan.

Gelar kreasi ini juga dimeriahkan dengan musik tradisional seperti karawitan, musik modern, hingga lantunan langgam jawa dan musik masa kini. Kreatifitas mahasiswa PGSD inilah yang diharapkan dalam upaya menunjukan inovasi dalam ide dan penciptaan karya. Luaran dari gelar kreasi ini dalam wujud Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kategori Hak Cipta. Hak Cipta yang diusulkan sejumlah 4 karya yang diperoleh dari 2 HKI Cipta semester V dan 2 karya HKI Cipta mahasiswa semester VII.

HKI Cipta ini berisikan tentang Teks Drama Pertunjukan dari Gelar Kreasi yang ditampilkan. Keorisinalitas teks drama menjadi penentu dalam kesahihan karya mahasiswa bersama dosen pengampu mata kuliah yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI sebagai HKI Karya Cipta. Hal ini sebagai daya dukung kedepan untuk keberlangsungan program studi PGSD dalam mengusung re-akreditasi pada tahun 2024.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *