Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

 

LOMBA DAN PAMERAN MEDIA PEMBELAJARAN

INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENUJU MERDEKA BELAJAR

BAGI SELURUH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SE-INDONESIA

TAHUN 2020

 

Selayang Pandang

Peranan media di dalam proses pendidikan adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan proses belajar mengajar dapat tercapai dengan sempurna. Media berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga peserta didik tidak bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Berkaitan dengan hal tersebut, penting kiranya pemahaman, pemilihan dan pembuatan media dalam proses pembelajaran materi di sekolah bagi seorang guru.

Keahlian memahami, memilih, dan membuat media pembelajaran harus sudah dimiliki oleh para mahasiswa program studi pendidikan sejak mereka duduk di semester 4. Apalagi di era 4.0 ini kebutuhan berbagai media yang berbasis mutimedia sudah sangat besar. Handphone berbasis android dan smartphone yang lain sudah menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran berbasis multimedia. Oleh karena itu melalui lomba ini panitia mengharapkan munculnya banyak ide, produk, dan aplikasi dari media yan dihasilkan dari para peserta.   Kegiatan ini untuk memperluas pengetahuan para mahasiswa tentang media pembelajaran sehingga mereka menjadi lebih terpacu dan mantap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab bila kelak menjadi guru.

Manfaat Dan Tujuan Kegiatan

1.      Menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia .

2.      Menambah kepercayaan diri mahasiswa dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran dan pembimbingan di dalam implementasi kurikulum.

3.      Menambah keterampilan mahasiswa dalam menggunakan tehnologi berbasis IT dalam pembuatan media pembelajaran

Kategori Lomba

1.      Game Pembelajaran (sertakan link download google drive)

a.       Aplikasi Android

b.      Program Komputer

2.      Video Pembelajaran (durasi masksimal 15 menit disertakan link youtube)

a.       Film Pembelajaran

b.      Video Tutorial

3.      Media pembelajaran digital (sertakan link download google drive)

a.       Multimedia

b.      Program Komputer

c.       Aplikasi Android

Timeline

1.      Pendaftaran : 30 Maret – 27 April 2020

2.      Seleksi   :28 April-1 Mei 2020

3.      Pengumuman pemenang lomba : 2 Mei 2020

 

 

Cara Pendaftaran

*Lomba ini tidak dipunggut biaya

Isi Formulir yang tersedia pada link

http://bit.ly/DaftarLombaMedia

 

 

 

Teknis Lomba

Semua tahapan pelaksanaan lomba diselenggarakan secara online tanpa dipungut biaya

 

a.       Peserta mendaftar dengan menyertakan link download media pembelajaran yang telah dibuat, secara online.

b.      Seleksi akan dilaksanakan sesuai tanggal yang telah ditetapkan.

c.       Dari keseluruhan peserta yang telah mengumpulkan karya, akan dipilih 6 pemenang dari masing masing kategori lomba, yaitu 6 besar finalis untuk lomba game pembelajaran, 6 besar finalis untuk lomba   video pembelajaran, dan 6 besar untuk lomba media pembelajaran digital

d.      Pemenang masing-masing kategori lomba akan diumumkan dan akan dihubungi untuk pengiriman hadiah sesuai dengan tanggal yang telah di tetapkan.

 

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Mahasiswa aktif semua program studi pendidikan
  2. Setiap kelompok mengirimkan 1 karya
  3. Setiap kelompok beranggotrakan 3 orang
  4. Karya asli dan belum pernah menjuari kompetisi serupa
  5. Mengisi pendaftaran dan mengunggah link media melalui http://bit.ly/DaftarLombaMedia
  6. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat

FASILITAS

  1. E-Sertifikat (seluruh peserta)
  2. Tropi Juara 1,2,3 dan piagam
  3. Uang pembinaan total 10 Juta

CP: Dewi : 087736303068

Icha : 085725225007

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *