SOSIALISASI DAN EDUKASI BAHAYA HIV AIDS PADA KARANG TARUNA DESA TANJUNG OLEH PPK ORMAWA HMP KESMAS

Minggu, 11 Agustus 2024 Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) HMP KESMAS telah melaksanan program kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Bahaya HIV/AIDS, bertempat di Rumah PKK Desa Tanjung dengan menghadirkan pemateri Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Bapak Farid Setyo Nugroho, S.K.M., M.Kes.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit. AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan.

Remaja adalah masa terjadi fase pertumbuhan dan perkembangan fisik yang disertai dengan kematangan seksual, yang sering kali mengarah pada hubungan intim. HIV/AIDS pada remaja merupakan masalah tersendiri dan perlu ditangani dan dikelola secara terpisah dari HIV pada orang dewasa. Untuk itu, remaja perlu diberi pengertian dan pengetahuan tentang apa itu HIV/AIDS.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sukoharjo jumlah kasus penemuan baru di Kabupaten Sukoharjo tahun 2023 sejumlah 102 kasus yang terjadi peningkatan dibanding tahun 2022 sebelumnya sejumlah 82 kasus. Pada tahun 2024 data per Bulan Januari terjadi peningkatan kasus baru sejumlah 6 kasus. Jika diakumulasikan kasus HIV/AIDS dari tahun 2008 – 2024 sejumlah 930 kasus yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sukoharjo. Pada kasus yang terjadi di Kecamatan Nguter angka komulatif mencapai 62 kasus per Januari 2024 yang tersebar di seluruh desa.

Tim Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) HMP KESMAS mengadakan kegiatan yang bertema HIV/AIDS yaitu “Sosialisasi dan Edukasi Bahaya HIV/AIDS) kepada karang taruna yang ada di Desa Tanjung.

Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada remaja yang ada di Desa Tanjung tentang bahaya HIV/AIDS, cara mencegah dan mengetahui tentang penularan HIV/AIDS.

Kegiatan berlangsung pada hari Minggu, 11 Agustus 2024, bertempat di Rumah PKK Desa Tanjung, yang dihadiri oleh sekertaris Desa Tanjung sebagai perwakilan dari Bapak Lurah, dosen pendamping PPKO HMP KESMAS, tim Satgas PPKO Universitas Veteran Bangun Nusantara, Perwakilan Ormawa HMP KESMAS, dan 33 Orang dari karang taruna Desa Tanjung.

Dalam kegiatan ini materi tentang HIV/AIDS disampaikan oleh Dosen Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara yaitu Bapak Farid Setyo Nugroho, S.K.M., M.Kes. Bapak Farid sudah memiliki banyak pengalaman dalam pmenyampaikan materi yang bertemakan tentang HIV/AIDS.

Sosialisasi ini diadakan juga sejalan dengan program PPKO HMP KESMAS yaitu “Optimalisasi Desa Sehat Waspada HIV/AIDS Untuk Mencapai Kondisi Three Zero Indonesia Bebas HIV/AIDS 2030”. Setelah kegiatan ini selesai diharapkan remaja yang ada di Desa Tanjung, dapatmemahami tentang HIV/AIDS, bahayaHIV/AIDS, dan dapat menghindari kegiatan yang bisa menularkan penyakit tersebut. Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak mendiskriminasi orang sekitarnya yang sudah terkena penyakit tersebut, sepertiyang dikatakan Bapak Farid “Jauhi penyakitnya bukan orang”.

You may also like...