Desa Jatisobo Resmikan Kembali Sanggar Tari Sekar Jagad bersama tim PPK ORMAWA HIMMAPTIKA

 Minggu, 4 Agustus 2024 – Peremian kembali Sanggar Tari Sekar Jagad di Balai Desa Jatisobo hari ini. Peresmian ini dilakukan oleh Kepala Desa Jatisobo, Darmanto, bersama tim PPK ORMAWA HIMMAPTIKA dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAPTIKA) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara. Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat setempat dan siswa dari sanggar tari tersebut.

Tim PPK ORMAWA HIMMAPTIKA yang bertugas di Desa Jatisobo terdiri dari 18 mahasiswa yang antara lain: Vemas Dwi Agustino, Vintarera Shinta Nor Rizqi, Sekar Tyas Maulia Putri, Monasritha Amalia, Sholihatun Nisa Aulya, Hanifah Nurzaytun, Priza Widiyanto, Farhan Rizqi Renaldi, Andriyanto Wibowo, Indah Ayu Wulandari, Almadhinna, Muhammad Risqi Cahya, Faizal Riyan Ardhiansyah, Sheila Malika Ramadhani, Sevia Nazahra, Ramadhan Husein Abdillah, Alfan Muralim Darmawan, dan Mayis Nur Cahyani, dan 1 dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu Andhika Ayu Wulandari S.Si., M.Pd.

Peresmian diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Jatisobo, Bapak Darmanto, di mana ia menekankan pentingnya kegiatan seperti ini sebagai contoh pelestarian budaya. Bapak Supardi, salah seorang tokoh masyarakat, turut memberikan dukungan, berharap Sanggar Tari Sekar Jagad dapat berkolaborasi dengan seni dan budaya di desa lain.

Acara diakhiri dengan latihan tari perdana yang dipandu oleh salah satu pengelola Sanggar Tari Sekar Jagad yaitu Ibu Eka Prasetyaningsih, S.Sn. yang juga merupakan guru seni di salah satu SMP di Sukoharjo, Acara ini sangat disambut dengan antusias oleh peserta. Kedepannya sanggar tari Sekar Jagad akan dilaksanakan secara rutin dua kali dalam seminggu. Diharapkan, Sanggar Tari Sekar Jagad dapat menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap seni tari dan budaya lokal serta berfungsi sebagai pusat pelatihan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

You may also like...