Webinar Pakar “Sastra Milenial dan Pembentukan Karakter” PBSI FKIP UNIVET BANTARA SUKOHARJO

Sukoharjo, 23 September 2022. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama-sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengadakan Webinar Kuliah Pakar dengan Tema “Sastra Milenial  dan Pembentukan Karakter”. Dra., Titik Sudiatmi, M.Pd. Kaprodi PBSI mengatakan bahwa generasi-generasi milenial  perlu memperhatikan karya sastra yang hampir terpinggirkan dengan dunia digital. Apalagi jika karya sastra tersebut dikaitkan dengan karakter mahasiswa sekarang ini. Mahasiswa perlu mengambil nilai-nilai karakter yang dimunculkan dalam karya sastra. Entah itu karya sastra yang berwujud novel, cerpen, drama ataupun yang lainnya. Nilai-nilai yang positif bisa dijadikan teladan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan kampus, masyarakat, dan dalam kehidupan berbangsa.

Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs.Toni Harsan, M.H., dalam sambutannya mengatakan, perlu mahasiswa-mahasiswa Milenial Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menggali  nilai-nilai  karakter dari berbagai karya sastra  yang sudah dinikmatinya. Hal yang paling mendasar  adalah masalah kesantunan. Beliau bercerita,  ketika dahulu menjadi seorang mahasiswa, untuk sekadar membuat  janji dengan dosen pembimbingnya saja, beliau harus latihan berulang-ulang, apakah dengan  gaya berbicaranya, sikapnya, sampai wajahnya, sudah pas atau belum kalau menghadap dosen pembimbingnya. Dibandingkan dengan mahasiswa sekarang ini, yang katanya Milenial, sangat berbeda  jauh kesantunannya.

Melalui webinar pakar ini, silakan  para peserta, baik itu mahasiswa program studi, mahasiswa di luar program studi, dan peserta umum  dapat menggali sedalam-dalamnya tentang segala bentuk karya sastra untuk pembentukan karakter. Hari ini  kita mendapatkan kesempatan  untuk menimba ilmu dari Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. Semua berbagai bentuk karya sastra untuk membentuk karakter bisa ditanyakan kepada beliau, “lanjut ungkap Drs. Toni Harsan, M.H.”

Dalam kegiatan inti webinar pakar yang telah disampaikan oleh Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum., bahwa Sastra Milenial dan pembentukan karakter abad XX1 pada dasarnya berkaitan dengan 4k (Kreatif, Kritis, Komunikatif, dan Kolaboratif). Mahasiswa sebagai generasi Milenial semua harus mempunyai Positioning, Differentiation, dan Branding. Entah itu Mahasiswa ataupun Dosen. Jika dia itu mahasiswa, maka dia harus bisa menilai posisinya sebagai mahasiswa sudah sampai mana, apa yang menjadi pembeda dengan mahasiswa yang lain, sehingga  muncul sebuah penilaian dari orang lain yang nantinya menjadi Branding mahasiswa tersbut.  Inilah yang perlu  dikembangkan oleh mahasiswa-mahasiswa  Milenial sekarang ini.

Kegiatan Webinar Pakar ditutup, oleh Drs. Sri Wahono Saptomo, M.Hum selaku Wakil Dekan 1, yang mengungkapkan sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan semacam ini. Tidak lain kegiatan ini dapat untuk membuka wawasan kita baik mahasiswa ataupun bapak/ ibu dosen di lingkungan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bapak Wakil Dekan 1, menambahkan bahwa melalui kegiatan-kegiatan semacam ini perlu ditingkatkan, dengan harapan dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan yang harus selalu diperbaharui di lingkungan keilmuan kehidupan kampus kita. Akhir acara dilakukan dengan kegiatan foto bersama.

You may also like...