SEMINAR KEWIRAUSAHAAN HIMATETA DAN LOMBA DESAIN POSTER PRODI THP 2024

Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Univet Bantara Sukoharjo mengadakan Seminar Kewirausahaan dan Lomba Desain Poster Tingkat SMA/ SMK Sederajat dengan tema “Inovasi Produk Pangan Lokal & Strategi Marketing Di Era Digital”. Seminar yang diadakan pada hari Rabu, 28 Februari 2024 di Gedung H Lantai 3 Univet Bantara Sukoharjo ini dihadiri oleh beberapa sekolah SMA dan SMK se-Sukoharjo, Delegasi Ormawa serta beberapa Universitas lainnya.

Seminar kali ini mengundang dua narasumber yang berpengalaman dalam bidang Kewirausahaan. Narasumber yang pertama adalah Fauzi Yunianto ( Owner Brownis Cinta ), dan narasumber yang kedua adalah Yoppi Syahrial, S.E.,M.M. ( Owner Sate Jamur Ponorogo ( mas keenand) )

Seminar yang berlangsung kurang lebih 5 jam tersebut , diisi dengan pemaparan materi tentang wirausaha, pengolahan pangan lokal. Menurut Fauzi Yunianto Inovasi pengolahan pangan lokal , yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi, menciptakan sesuatu yang unik, melatih skill dan meningkatkan kualitas SDM. Tidak hanya pemaparan materi, peserta seminar juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi lebih detail kepada pemateri.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba desain poster dengan beberapa tema (ketahanan pangan, keamanan pangan, dan makanan tradisional) serta penyerahan hadiah lomba desain poster berupa uang tunai dan sertifikat. Penilaian poster dinilai dari kekreatifan, keunikan, kualitas penyampaian pesan, dan like terbanyak di sosial media. Setelah penilaian maka sudah ditentukan pemenangnya yaitu :

Juara 1 jatuh kepada Farhan Adib Abdullah dari SMAN 1 SUKOHARJO.

Juara 2 jatuh kepada Faiz Fadhilah dari SMK VETERAN 1 SUKOHARJO.

Juara 3 jatuh kepada Rany Anggraeni dari SMA ISLAM 1 SURAKARTA.

Seminar ini diadakan untuk meningkatkan inovasi pengolahan produk pangan lokal serta untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk strategi marketing di era digital seperti saat ini. Selain itu seminar kewirausahaan dan lomba poster ini diadakan untuk menyemarakkan Diesnatalis Univet Bantara Sukoharjo yang ke-56 tahun, serta untuk memperkenalkan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian secara luas.

You may also like...