HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA (HIMMAPTIKA) MENGADAKAN KEGIATAN MAKRAB DAN LKMM-PD TAHUN 2022

Senin – Rabu, 28 – 30 November 2022 – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAPTIKA) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengadakan kegiatan tahunan, MAKRAB DAN LKMM-PD 2022. Pada tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan secara bersamaan dan diberi nama SPECTRUM (Spectacular Unforgettable Moment with HIMMAPTIKA). Dengan tema menarik yaitu “Memetik Makna kebersamaan serta Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Melalui SPECTRUM (Spectacular Unforgettable Moment with HIMMAPTIKA)”. Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Matematika. Kegiatan yang rutin di adakan oleh HIMMAPTIKA ini bertujuan untuk mengakrabkan, menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan mengenai keorganisasian, khususnya untuk mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Matematika.

Acara SPECTRUM 2022 dihadiri oleh peserta, panitia, dosen, dan tamu undangan. Tidak lupa Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Ibu Andhika Ayu Wulandari, S.Si.,M.Pd. memberi sambutan dan membuka acara SPECTRUM 2022. Harapannya tentang kegiatan ini mahasiswa dapat lebih akrab dan bisa menambah pengetahuan mengenai keorganisasian. Beliau juga berharap dan mendoakan untuk kesuksesan acara ini, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga. Bagi HIMMAPTIKA semoga kedepannya kegiatan ini bisa berkembang lebih baik lagi. Pada hari pertama, kegiatan SPECTRUM 2022 dilaksanakan di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, bertempat di Ruang Sidang FKIP. Dalam acara tersebut, menghadirkan tiga pemateri yaitu Sdr. Idon Wijaya, Sdr. Munanda Okki Saputro, dan Sdr. Timoty Tanujaya. Pada sesi pertama, disampaikan materi Public Speaking, Pengenalan, dan Pengembangan Diri oleh Sdr. Idon Wijaya. Pemateri tersebut menyampaikan tentang tips public speaking yang baik, pengenalan dan pengembangan diri dengan grafik kepribadian yang terdiri dari Our Going (OG), People Orient (PO), Reverfe (RV), Text Orient (TO). Selanjutnya pada sesi kedua, disampaikan materi Dasar – dasar Kepemimpinan oleh Sdr. Munanda Okki Saputro. Pemateri tersebut menyampaikan tentang pengertian organisasi, motivasi berorganisasi, visi misi dan tujuan serta susunan organisasi. Sesi ketiga, materi Ikahimatika Goes To Campus (IGTC) disampaikan oleh Sdr. Timoty Tanujaya. Pemateri tersebut memperkenalkan Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Indonesia (IKAHIMATIKA) khususnya di wilayah IV. Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan SPECTRUM 2022 dilaksanakan di Villa Tawangmangu yang berlokasi di Karangsari, Tawangmangu. Dalam acara tersebut, ada pengenalan diri peserta dan pengenalan HIMMAPTIKA yang disampaikan oleh Sdr. Angga Yulianto selaku Ketua Umum HIMMAPTIKA Periode 2022/2023. Ketua Umum HIMMAPTIKA memperkenalkan semua divisi dalam HIMMAPTIKA mengenai program kerja dan agenda tahunan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan peserta diminta untuk membuat mind mapping dengan tema “Planning in My Future”. Kemudian pada malam harinya diadakan pentas seni yang dimeriahkan oleh seluruh peserta dan panitia SPECTRUM 2022.

Pada hari ketiga, dilaksanakan senam pagi dan outbond yang diikuti oleh seluruh peserta dan panitia SPECTRUM 2022. Dalam rangkaian kegiatan outbond, peserta dan panitia dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti berbagai permainan diantaranya tebak aroma emponempon, estafet tepung, menjaga lilin dan berebut alas. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan kesadaran tentang arti pentingnya kebersamaan dan bekerja secara kolektif (teamwork) dalam konteks untuk mencapai tujuan bersama. Kemudian acara tersebut diakhiri dengan pengumuman pemenang permainan, pemberian kado dari peserta untuk panitia, dan pemberian souvenir kegiatan. Setelah itu acara SPECTRUM 2022 ditutup oleh Sdr. Danang Bagus Prabowo selaku Ketua Panitia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *