seminar wirausaha muda 2023

Univet Bantara Selenggarakan Seminar Wirausaha Muda 2023

Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Seminar Wirausaha Muda mengangkat tema “Wirausaha Muda Univet Bantara Berdaya Saing Global” yang menghadirkan narasumber Dr. Ir. Suranto, S.T, M.M, M.Si (Ketua Pelaksanaan WMK PTP UMS) dan Ryo Juara (Founder Delivo & Gigigo). Diikuti 154 peserta dari mahasiswa. Bertempat di Gedung H Lantai 3 kampus. Rabu (5/7/2023).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum dalam sambutan sekaligus membuka seminar menyampaikan kegiatan seminar ini sejalan dengan misi Univet Bantara yaitu bisa menyiapkan mahasiswa atau lulusannya menjadi orang yang diterima di lapangan pekerjaan. Salah satunya melalui MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan, skill, attitude.

“Ada 20 SKS untuk melaksanakan MBKM. Diantara program MBKM ada wirausaha yang akan menyiapkan menjadi manusia survive di dunia nyata,” terangnya.

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, Wakil Rektor III Dr. Sodikin beserta jajarannya saat foto bersama narasumber seminar.

 

 

Lebih lanjut dikatakan, kampus Univet Bantara tengah menyiapkan menjadi kampus akreditasi Unggul di tahun 2025. Untuk mencapainya mahasiswa bisa memberikan kontribusi dengan menambah indeks kinerja utama perguruan tinggi dari unsur mahasiswa yaitu ketika lulus tiga bulan maksimal harus mendapatkan pekerjaan. Untuk itu jawabnya mahasiswa menjadi wirausaha.

“Ikuti dengan seksama seminar ini, siapkan masa depan sungguh-sungguh, jangan membuang waktu untuk hal yang tidak penting namun gunakan untuk menjadikan diri banyak pintar, banyak terampil dan senang menjadi wirausahawan,” pesannya kepada para mahasiswa peserta seminar.

Sementara itu, ketua pelaksana Siti Fatimah, S.H, M.H dalam laporan menerangkan seminar ini sebagai wujud pelatihan dan pendampingan kewirausahaan mahasiswa agar bisa memaparkan bisnisnya atau ide bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak. Selain itu, dapat menjaring mahasiswa yang memiliki bakat berwirausaha bisa berperan serta dalam MBKM Wirausaha Merdeka oleh Kemendikbud Ristek.

“Tahun ini Wirausaha Merdeka ke-2 dilaksanakan dua perguruan tinggi yaitu UMS dan UNS. Pendaftaran WMK dimulai tanggal 19 Juni sampai 10 Juli 2023 waktu memenuhi syarat administrasi pendaftaran. Semakin banyak mahasiswa yang mengikuti maka semakin banyak nilai plus menunjang akreditasi perguruan tinggi,” tuturnya.

Narasumber Roy Juara menerangkan tentang pemanfaatan kemajuan teknologi dalam berwirausaha.

Dalam pemaparan materi, narasumber Roy Juara menerangkan tentang pemanfaatan kemajuan teknologi dalam berwirausaha dan memberi motivasi kepada mahasiswa sebagai generasi muda memiliki skill dan mental entrepreneur.

“Saya mengawali terjun wirausaha sejak semester satu. Jatuh bangun berwirausaha sudah hal biasa. Maka dibutuhkan mental kuat dan menguasai skill bidang yang dikuasai. Dari survey saat ini minat teman muda mayoritas pilih entrepreneur. Maka dari itu, jangan ketinggalan yang lain sudah mempersiapkan diri dan memulainya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pemanfaatan teknologi dengan memadukan antara online dan offline saat ini yang dibutuhkan untuk menunjang usahanya.

Sedangkan narasumber Dr. Ir. Suranto menjelaskan menumbuhkan mental wirausaha dari minus yaitu jangan menyerah, memulai bisnis dengan modal kepercayaan serta berani menentukan pilihan dengan memaksimalkan passion yang dimiliki.

“Menjadi wirausaha sukses dibutuhkan pribadi yang berbeda dari orang lain, pintar menyelesaikan problem diri sendiri maupun orang lain, selalu optimis meraih keberhasilan usaha, berani melangkah dan jangan takut memulai, konsisten mengerjakannya karena usaha penuh godaan,” ujarnya. (Sofyan)

 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Universitas

You may also like...