LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN NASIONAL 2021

LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN

“INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENUJU MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI”

BAGI SELURUH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SE-INDONESIA

TAHUN 2021

 

Peranan media di dalam proses pendidikan adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan proses belajar mengajar dapat tercapai dengan sempurna. Media berperan sebagai perangsang belajar dan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga peserta didik tidak bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Berkaitan dengan hal tersebut, penting kiranya pemahaman, pemilihan dan pembuatan media dalam proses pembelajaran materi di sekolah bagi seorang guru.

Keahlian memahami, memilih, dan membuat media pembelajaran harus sudah dimiliki oleh para mahasiswa program studi pendidikan sejak mereka duduk di semester 4. Apalagi di era 4.0 ini kebutuhan berbagai media yang berbasis mutimedia sudah sangat besar. Handphone berbasis android dan smartphone yang lain sudah menjadi kebutuhan utama dalam pembelajaran berbasis multimedia. Oleh karena itu melalui lomba ini panitia mengharapkan munculnya banyak ide, produk, dan aplikasi dari media yan dihasilkan dari para peserta.  Kegiatan ini untuk memperluas pengetahuan para mahasiswa  tentang media pembelajaran sehingga mereka  menjadi lebih terpacu dan mantap dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab bila kelak menjadi guru.

 

Tema dalam kegiatan ini adalah “INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENUJU MERDEKA BELAJAR DI MASA PANDEMI” Bagi Seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan se-Indonesia Tahun 2021. Ketentuan lomba media pada kegiatan ini dikategorikan menjadi media pembelajaran berbasis IT.

 

  1. MANFAAT DAN TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bila dapat diapresiasi oleh semua pihak di program studi pendidikan se-Indonesia. Manfaat yang dapat dipetik antara lain:

  1. Menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia .
  2. Menambah kepercayaan diri mahasiswa dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran dan pembimbingan di dalam implementasi kurikulum.
  3. Menambah keterampilan mahasiswa dalam menggunakan tehnologi berbasis IT dalam pembuatan media pembelajaran .

 

 

  1. KATEGORI LOMBA
  1. Game Pembelajaran (sertakan link download aplikasi yang sudah diunggah pada google drive)
  2. Aplikasi Android
  3. Program Komputer
  4. Video Pembelajaran (durasi masksimal 15 menit disertakan link youtube)
  5. Film Pembelajaran
  6. Video Tutorial
  7. Media pembelajaran digital (sertakan link download aplikasi yang sudah diunggah pada google drive)
  8. Multimedia pembelajaran komputer
  9. Aplikasi Android

 

 

  1. SYARAT DAN KETENTUAN
  1. Mahasiswa aktif semua program studi pendidikan, boleh kerja sama antar lintas progdi pendidikan
  2. Peserta bisa perorangan atau kelompok
  3. Setiap peserta atau kelompok dibatasi 1 karya
  4. Setiap kelompok maksimal beranggotakan 3 orang
  5. Karya asli dan belum pernah diikutkan kompetisi serupa
  6. Mengisi pendaftaran dan mengunggah link media melalui bit.ly/LombaMediaUVBN21
  7. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat

 

  1. FASILITAS
  1. E-Sertifikat (seluruh peserta)
  2. Uang pembinaan Total 10 Juta Rupiah

 

  1. TIMELINE
  1. Pendaftaran : 30 Maret – 25 April 2021
  2. Seleksi                                                                        : 26 April – 1 Mei 2021
  3. Pengumuman Pemenang : 3 Mei 2021

Narahubung: I

Icha :085725220057

ageng:085773776555

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *