KAMPANYE KESEHATAN “WASPADA HIV/AIDS UNTUK MENCAPAI KONDISI THREE ZERO INDONESIA BEBAS HIV/AIDS 2030” DI DESA TANJUNG

Minggu, 25 Agustus 2024 tim program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan (PPK Ormawa) HMP KESMAS Universitas Veteran Bangun Nusantara mengadakan kegiatan kampanye kesehatan yang diadakan di Desa Tanjung, tepatnya berlokasi di Latar Ombo, Pencol, Desa Tanjung. Peserta dalam kegiatan ini mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Kampanye kesehatan ini bertujuan agar warga Desa Tanjung waspada terhadap penyakit HIV/AIDS dan agar tercipta kondisi three zero Indonesia bebas HIV/AIDS, selain itu juga diharapkan angka penyebaran penyakit ini dapat ditekan.

Program kesehatan HIV/AIDS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Program ini bertujuan untuk mempromosikan tes HIV, pencegahan dan pengobatan serta mengurangi infeksi HIV.

Kampanye kesehatan diadakan oleh Tim PPK Ormawa HMP KESMAS bersama kader waspada HIV/AIDS (Kader WAHID), dan juga berkolaborasi dengan pemua desa setempat. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Tanjung, Bapak Camat Kecamatan Nguter, serta dosen pembimbing PPKO HMP KESMAS sebagai tamu undangan.

Kegiatan dimulai dari kegiatan jalan sehat bersama, yang dimulai dari lapangan Latar Ombo Pencol dan juga berakhir di lokasi ini. Jalan sehat ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang hadir mulai dari anak-anak, remaja putra dan putri, bapak-bapak, ibu-ibu, bahkan lansia. Kegiatan yang selanjutnya yaitu acara senam bersama yang menghadirkan instruktur senam setempat.

Dalam kegiatan kampanye kesehatan juga diadakan sesi gerakan minum jamu bersama, yang mana gerakan ini bertujuan agar masyarakat mengenal tentang jamu yang berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh. Jamu yang disediakan yaitu jamu tradisional seperti temulawak, kunir asem, beras kencur, suruh, asem, dan jamu pahitan. Gerakan minum jamu ini semua peserta bisa mendapatkan jamu secara gratis, bahkan seluruh lapisan masyarakat ikut serta dalam kegiatan gerakan minum jamu bersama,

Tidak hanya jalan sehat dan gerakan minum jamu bersama. Di dalam kegiatan ini juga ada bazar dan periksa kesehatan gratis yang menghadirkan petugas kesehatan dari Puskesmas Nguter, seluruh lapisan masyarakat boleh melakukan cek kesehatan gartis di posko kesehatan ini. Mulai dari pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, hingga tes gula darah, pendaftarannya cukup dengan menggunakan KTP saja.

Kampanye waspada HIV/AIDS juga merupakan upaya yang dilakukan Tim PPK Ormawa agar dalam masyarakat tidak ada lagi stigma yang buruk terhadap pengidab HIV/AIDS (ODHA), serta masyarakat dapat waspada terhadap penularan penyakit ini dan bisa ikut serta mencegah penularan HIV/AIDS.

You may also like...