MALAM PENGAKRABAN HIMGOVERA TAHUN 2022

Senin, 5 Desember 2022, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (HIMGOVERA) menyelenggarakan Kegiatan Makrab yang bertempat di Villa yang berlokasi di Villa Klodron, RT 02 RW 02, Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar. Makrab merupakan salah satu program tahunan yang rutin diadakan di setiap awal kepengerusan. Makrab ini bertema “GPS” yang merupakan kepanjangan dari “Geography Positive Sinergy” dengan tujuan untuk mengakrabkan Mahasiswa Baru dengan Mahasiswa Pendidikan Geografi, Bapak Ibu Dosen Pendidikan Geografi, Alumni Mahasiswa Pendidikan Geografi serta tamu undangan. Kegiatan Makrab ini dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen Pendidikan Geografi, Mahasiswa Baru Angkatan 2022 sebagai peserta.

Sambutan dan doa bersama Ibu Ary Wijayanti S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Geografi

Kegiatan Makrab dimulai dengan sambutan oleh Ibu Ary Wijayanti S.Pd., M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Geografi dilanjutkan dengan sambutan oleh Aritova Rizki Alfiardi selaku Ketua Umum HIMGOVERA, yang selanjutnya dilanjutkan dengan doa bersama. Pemberangkatan dimulai pukul 08.00 di depan Gedung H. Pemberangkatan menuju lokasi tempat tujuan makrab menggunakan kendaraan Elf. Dengan jumlah peserta makrab berjumlah 10 Mahasiswa dan panitia berjumlah 11 orang.

Pengkondisian Peserta Makrab

Pengkondisian peserta Makrab setelah sampai di lokasi, semua peserta menurunkan barang bawaannya. Setelah itu, baris sesuai kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia sebelum memasuki ke dalam Villa. Kegiatan selanjutnya adalah pengecakan barang bawaan penugasan yang tempat kegiatannya berada di halaman belakang villa tersebut.

Pengecekan barang yang harus dibawa peserta Makrab

Setelah pengecekan barang, para mahasiswa baru melalukan perkenalan diri kepada panitia serta menjelaskan alasan pribadi masuk ke Pendidikan Geografi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Panitia juga memberikan nama samaran dan tugas kepada para mahasiswa baru, setelah kegiatan tersebut dilanjutkan makan siang bersama.

Kegiatan game yang dilakukan para mahasiswa setelah jelajah alam

Kegiatan dilanjutkan dengan menyusuri daerah di belakang villa yang sekelilingnya terdapat lahan pertanian, irigasi, serta sungai. Para mahasiswa juga melakukan penugasan berupa observasi untuk pembuatan essai serta foto typhografi yang akan diupload di instagram pribadi. Para mahasiswa baru beserta panitia juga melakukan permainan yaitu permainan estafet karet yang di mana, setiap mahasiswa wajib menyalurkan karet ke wadah yang sudah ditentukan melalui sedotan yang dan flip flop. Selesainnya kegiatan outbound selanjutnya peserta dan panitia kembali menuju villa untuk bersih-bersih dan mandi, sholat serta makan.  Setelah selesai melakukan ishoma para mahasiswa mengikuti FGD  yang diisi oleh Bapak Bagaskara Fajareto Kusuma Wardana S.Pd yang memaparkan materi mengenai Geografi Teknologi berupa 2 gambar citra foto udara daerah Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar.

Penampilan Pentas Seni yang dilakukan oleh peserta Mahassiwa Baru

Pada malam hari, kegiatan makrab diisi acara sarasehan bersama bapak ibu dosen berserta para alumni dan dilanjutkan pertunjukan pentas seni yang dilakukan oleh para mahasiswa baru angkatan 2022. Dalam pertujukan pentas seni menampilkan 3 pertujukan yaitu pertujukan puisi bersambung, musikalisasi puisi, menyanyi. Selain itu, dari panitia juga ikut berpartisipasi dan ikut memeriahkan dalam kegiatan pentas seni ini. Setelah kegiatan pentas seni dilanjutkan foto bersama dan yang terakhir para mahasiswa baru dibolehkan beristirahat.

Hari ke dua kegiatan Makrab, pada pagi hari kegiatan pertama diisi dengan jurit malam yang terdiri dari 3 posko, di mana pada posko 1 akan dijelaskan mengenai seputar HIMGOVERA (Himpunan Mahasiswa Porgram Studi Pendidikan Geografi), dilanjutkan pada posko 2 akan dijelaskan mengenai IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi), pada posko 3 akan diulas kembali materi yang diterima dari posko 1 dan posko 2.

Kegiatan FGD

Pada kegiatan selanjutnya, dilakukan senam pagi bersama-sama antara panitia dengan peserta Makrab. Dilanjutkan istirahat dan sarapan, kemudian dilanjutkan dengan adanya kegiatan FGD (Focus Group Discussion) yang diisi oleh Mahasiswi Febbiana Dewi yang memaparkan mengenai Geografi Fisik dan Rilma Yuliani memaparkan mengenai Geografi Sosial. Setelah pemateri memaparkan materinya, disambung dengan pembacaan penugasan oleh peserta makrab dan dilanjutkan dengan makan siang, bertukar kado, foto bersama, serta penyerahan sertifikat Mahasiswa Terbaik.

Piky Transiska terpilih sebagai Mahasiswa Terbaik dalam kegiatan Makrab tahun 2022

Dilanjutkan dengan Foto Bersama

Foto Kegiatan pada akhir Makrab

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *