HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA (HIMMAPTIKA) MENGADAKAN KEGIATAN OLIMPIADE MATEMATIKA NASIONAL TINGKAT SMA/SMK/MA TAHUN 2023

Selasa, 16 Mei 2023 dan Rabu, 17 Mei 2023- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAPTIKA) mengadakan Olimpiade Matematika Nasional 2022 yang diselenggarakan secara daring. Tahun ini tema yang diusung adalah “Explore Mathematics Skill With ASIC ( Action, Spirit, Intelligent, and Competitive )”
Olimpiade yang dibuka pendaftarannya sejak bulan Februari ini diadakan selama 2 hari. Selasa, 16 Mei 2023
dan Rabu, 17 Mei 2023. Juga berhasil merangkul lebih dari 140 siswa/i SMA/SMK/MA dari berbagai daerah di Indonesia.
Olimpiade ini merupakan salah satu program rutin Mahasiswa pendidikan Matematika yang dicetuskan sebagai
ajang memperkenalkan Universitas Veteran Bangun Nusantara khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika kepada masyarakat serta meningkatkan kemampuan akademik dan  memperluas Ajang Olimpiade Matematika ini merupakan Olimpiade bagi siswa untuk menyalurkan prestasinya ke tingkat Nasional.

Olimpiade Matematika Nasional tahun ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukohoharjo, Bapak Singgih Subiyantoro, S.Pd., M.Pd. Dan di hadiri oleh para Dosen Pendidikan Matematika juga Ketua Progdi Pendidikan Matematika. Dalam sambutannya, Ibu Andhika Ayu Wulandari, S.Si, M.Pd.selaku Ketua Progdi mengenai mengekplore kemampuan akademik, semangat dan antusiasme adik-adik yang mengikuti Olimpiade Matematika yang diselenggarakan tiap tahunnya. Kompetisi ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan, keterampilan, kreativitas untuk menghadapi tantangan global. Tujuan Olimpiade Matematika ini untuk berfikir logis, kritis, analitis, dan wawasan dalam Pendidikan Matematika.
Acara ini berlangsung sangat meriah dan diikuti dengan antusias oleh semua peserta dengan menggunakan dresscode berupa seragam kebangaan masing-masing sekolah. Adapun pelaksanaan Olimpiade menggunakan
aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom. Setiap peserta wajib menyalakan kamera zoom selama Olimpiade berlangsung. Jika ada peserta yang tidak menyalakan kameranya maka akan di beri teguran.

Olimpiade ini terbagi menjadi 2 babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final. Pada Babak Penyisihan peserta mendapatkan waktu sebanyak 90 menit untuk mengerjakan Ujian Tahap 1 dan diseleksi sebanyak 36 peserta terbaik untuk berhak mendapat kesempatan lolos ke Babak Final. Saat babak final, suasana semakin menegangkan dengan durasi waktu pengerjaan 60 menit.

Selanjutnya dari 36 peserta tersebut diatas, akan ditentukan 3 peserta dengan nilai terbaik. Peserta yang berhasil
keluar sebagai 3 peserta terbaik akan mendapatkan E-Piagam dan uang pembinaan total jutaan rupiah, meski begitu seluruh peserta tetap mendapatkan E-Sertifikat. Dan juara dari Olimpiade Matematika Nasional Tahun ini adalah :
1. Juara I = Rafael Feng (SMAK St. Albertus malang)
2. Juara II = Andi Pangeran Maulana Ibrahim (SMA Taruna Nusantara)
3. Juara III = Arie Gunawan Priadji (SMA 1 Majalengka)

Olimpiade resmi ditutup oleh Saudara Angga Yulianto selaku Ketua Umum Himmaptika, mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi mengikuti DETIK 2023 dan memberi ucapan selamat kepada para pemenang. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu ajang untuk peserta dapat meningkatkan motivasi teman-teman untuk dapat selalu meningkatkan prestasi dalam bidang matematika. Selamat kepada para juara, Alhamdulillah Olimpiade berhasil dilaksanakan dengan lancar sesuai rencana. Dan sampai jumpa kembali di Olimpiade  Matematika selanjutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *