Pelatihan Perdana Cosflow (Corn Husk Flower) di Desa Gedong Ngadirojo Wonogiri

 

 

Tim PKM M “COSFLOW” Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan pengabdian masyarakat di desa Gedong, Ngadirojo, Wonogiri. Tim PKM ini terdiri dari mahasiswa prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Pendidikan Biologi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program PKM lolos didanai dikti 2019. Pengabdian yang dilaksanakan berupa pelatihan pembuatan bunga dari klobot atau kulit jagung. Hal tersebut didasarkan pada berlimpahnya limbah kulit jagung di Desa Gedong saat musim panen jagung tiba.  Limbah tersebut belum dimanfaatkan dengan optimal sehingga memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan menjadi aneka produk kreasi bunga dari klobot jagung.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Mei 2019 dimulai pada pukul 13.00. Pelatihan dilakukan terhadap 6 orang mitra yang berasal dari ibu ibu PKK Desa Gedong dengan didampingi dosen pembimbing, yaitu Ibu Afriyanti, S.TP., M.Sc,.  Kegiatan diawali dengan penyuluhan tentang Potensi Jagung dan Limbahnya.Tim PKM M melanjutkan kegiatan dengan melaksanakan pelatihan pembuatan aneka kreasi COSFLOW.

Pelatihan dilakukan dengan membagi mitra menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama didampingi dengan 2 anggota tim berlatih membuat kerajinan bunga sedap malam. Kelompok kedua dengan didampingi anggota tim berlatih membuat kerajinan bunga kenanga.Selama proses pelatihan, mitra terlihat sangat antusias. Tidak hanya perangkaian menjadi bunga saja, mitra juga diberi bimbingan mulai dari proses pemilihan kulit jagung (klobot), pewarnaan, penjemuran dan juga penyetrikaan.

Kegiatan tahap pertama ini masih pelatihan untuk 2 jenis bunga.  Harapannya bisa menjadi kegiatan untuk ibu PKK selama bulan puasa.  Rencana selanjutnya adalah kegiatan monitoring di minggu kedua puasa untuk mengetahui peningkatan kualitas produk bunga yang dihasilkan.  Diharapkan bunga yang yang dihasilkan sudah baik dan menarik sehingga bisa dipajang untuk hiasan di bulan Syawal.  Pelatihan tahap kedua direncanakan dilaksanakan setelah lebaran dengan aneka kreasi bunga yang lain.  Dari program pelatihan tersebut, diharapkan dapat menaikkan nilai jual dari limbah klobot jagung dan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat terutama ibu ibu PKK Desa Gedong.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *