Univet Bantara Adakan Workshop Penyusunan Proposal PKM 2023

Dukungan lembaga dalam Workshop Penyusunan Proposal PKM. Dari kiri: Kepala BAK: Hamda Kharisma, M.Pd, Narasumber: Dr. Singgih Subiyanto, M.Pd., Rektor UNIVET Bantara: Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, Ketua Satgas PKM: Dewi Puspito Sari, M.K.M, dan Wakil Rektor III: Dr. Ir. Sodikin, M.T.

Sukoharjo – Kegiatan Workshop Penyusunan Proposal PKM 2023 diadakan di Gedung H Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo pada Jumat, (24/2/2023). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu wujud implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dibentuk oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Studi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Keikutsertaan mahasiswa dari Perguruan tinggi dalam kegiatan PKM ternyata memberikan dampak adanya peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeningkatan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut laporan Ketua Satgas PKM dan Kewirausahaan, Dewi Puspito Sari, S.K.M., M.K.M. berdasarkan klasterisasi perguruan tinggi program PKM yang telah ditetapkan Belmawa, Univet Bantara berada pada klaster 4, yang dimana kuota proposal PKM yang diunggah untuk PKM 8 Bidang ada 100 proposal, PKM AI 10 proposal, PKM GFT 10 Proposal, dengan jumlah 120 proposal PKM.

“Satgas PKM dan Kewirausahaan berupaya menyusun rangkaian kegiatan yang dianggap untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam menyusun PKM. Kegiatan pertama berupa sosialisasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023 yang dihadiri 361 peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen pendamping. Yang kedua penyusunan Proposal PKM telah dilaksanakan pada tanggal 15-19 Februari 2023. Ketiga, unggah proposal internal universitas telah dilaksanakan tanggal 20 februari 2023. Kemudian kegiatan hari ini, workshop PKM yang bertujuan untuk meningkatan pengetahuan mahasiswa terkait tips dan trik penyusunan proposal PKM 2023 sesuai dengan pedoman umum dan pedoman pelaksanakan PKM terkait,”ungkapnya.

Peserta Workshop ini adalah dosen pendamping yang seharusnya sejumlah 49 dosen pendamping dan 1 mahasiswa ketua tim pengusul atau yang mewakili yang berhasil mengunggah proposal internal Universitas sejumlah 166 proposal PKM. Untuk PKM-K 59 proposal, PKM-KC 2 proposal, PKM-KI 2 Proposal, PKM-RE 5 proposal, PKM-RSH 12 Proposal, PKM-PM 50 Proposal, PKM-PI 2 Proposal, PKM-AI 10 Proposal, PKM-GFT 24 Proposal.

“ Univet Bantara merupakan perguruan tinggi yang dipandang sedang berkembang, maka itu kita diminta terus bersemangat, berupaya bersama-sama untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul,” ujar Rektor Univet Bantara, Prof Dr. Farida Nugrahani, M.Hum dalam sambutannya.

Rektor juga berharap agar tim pengusul bersungguh-sungguh dalam membuat proposal PKM dan para dosen pendamping juga bersungguh-sungguh mendampingi mahasiswanya dalam kegiatan PKM ini.

Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd. selaku narasumber pada kegiatan workshop ini menyampaikan materinya terkait Tips dan Trik dalam Penyusunan Proposal PKM. Didalamnya diijelaskan secara rinci dan detail sesuai pedoman penyusunan PKM 2023. Beliau juga sempat meriview salah satu proposal PKM dan memberikan tips bagi mahasiswa dalam pemilihan judul yang berpotensi akan di lirik oleh reviewer Belmawa.

Gambar 2. Penyampaian Materi Workshop PKM, Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd.

Setelah materi tips dan trik penyusunan proposal PKM ini dikupas tuntas oleh pemateri, kegiatan disambung dengan penyampaian sistematika dan substansi Proposal PKM sesuai dengan Pedoman Umum 2023 oleh Dewi Puspito Sari, S.K.M., M.K.M.

Selanjutnya kegiatan review proposal PKM akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 Februari 2023. Untuk finalisasi proposal pada tanggal 28 Februari 2023. Kemudian jadwal unggah proposal PKM paling lambat 4 Maret 2023 di akun simbelmawa. Dan pada tanggal 6 Maret 2023 Dosen Pendamping dapat melakukan Validasi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *