MALAM KEAKRABAN MAHASISWA BARU FISIP 2021

MALAM KEAKRABAN MAHASISWA BARU FISIP 2021

“GET SOLIDARITY WITH CHEMISTRY”

KARANGANYAR-Himpunan Mahasiswa Progdi Ilmu Komunikasi UNIVET Bantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan Malam Keakraban untuk Mahasiswa Baru progdi Ilmu Komunikasi pada Rabu (5/1/2021).

Malam keakraban atau disebut dengan MAKRAB adalah salah satu program program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Univet Bantara Sukoharjo, pada tahun 2021 ini HIMAKOM mengusung tema Get Solidarity With Chemistry.

Kegiatan ini dilangsungkan di WCS (Wahana Cipta Sinatria), Karanganyar, Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini dihadiri -+80 orang mahasiswa baru progdi ilmu komunikasi.

Makrab ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa baru progdi ilmu komunikasi dengan tujuan agar setiap mahasiswa tersebut dapat saling mengenal satu sama lain dan menumbuhkan rasa kekeluargaan dan solidaritas antar mahasiswa. Sehingga Ketika masa perkuliahan dimulai setiap mahasiswa telah saling mengenal, dan diharapkan kegiatan MAKRAB ini dapat memberi dampak positif bagi setiap mahasiswa dengan memberi rasa keharmonisan diruang lingkup perkuliahan.

Dalam kegiatan tersebut, Pihak panitia juga menghadirkan pemateri-pemateri yang berkompeten dibidang yang bersangkutan dengan materi perkuliahan mendatang. Salah satu pemateri tersebut adalah jurnalis sekaligus CEO dari majalah Larise yaitu Sofyan Yuli Antonius, S. Sos. Beliau memberi materi tentang bagaimana tatacara menjadi jurnalis dan berbagai ilmu tantang jurnalistik lainnya.

“Ada karakter yang harus dimiliki oleh seorang wartawan diantaranya disiplin atau tepat waktu dalam menjalankan tugas karena dikejar deadline, berani menembus sumber berita, rajin membaca atau mencari literatur untuk mendukung penulisan berita, mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, mudah bergaul dan menjalin relasi” papar Sofyan.

Selain itu juga ada materi tentang radio dan voice over yang disampaikan oleh Abednego Afriadi, beliau menyampaikan beberapa tehnik pernafasan dalam pengambilan suara saat mengisi suara karakter sehingga mendapatkan suara seperti yang diinginkan. Tak hanya itu, pemateri juga menyampaikan teknik pelafalan kata saat siaran radio, sehingga seluruh informasi yang ingin disampaikan dapat diserap oleh pendengar dengan baik.

Kegiatan makrab diakhiri dengan acara tukar kado oleh seluruh peserta dan juga panitia serta diiringi yel yel yang sangat meriah dari setiap kelompok. Kado yang dibawa para mahasiswa baru pun tergolong unik dan out of the box, pasalnya ada beberapa oknum yang sengaja membawa kado berupa garam dan batu bata yang membuat kegiatan terakhir tersebut semakin meriah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *